Upgrade (Debian) Wheezy (7.8) to Jessie (8.x testing)

hi all,
Pada artikel ini saya sekedar ingin share pengalaman saya dalam melakukan proses upgrade dari Wheezy(7.8) ke Jessie(8.x alias testing). Proses upgrade ini sebenarnya gampang-gampang susah. Tutorialnya sebenarnya sudah ada di wiki resmi Debian (https://wiki.debian.org/DebianTesting) namun ternyata setelah dijalani, tak semulus yg saya bayangkan. hehehe. Karena tidak mulus itulah, saya merasa perlu untuk menuliskan pengalaman saya, karena siapa tahu ada orang lain yg membutuhkan bantuan/mengalami kondisi yg sama.

Langkah pertama untuk upgrade adalah dengan mengubah isi dari: /etc/apt/sources.list dengan:

deb http://security.debian.org jessie/updates main contrib non-free
deb http://http.debian.net/debian/ jessie main contrib non-free

kemudian lakukan apt-get update && apt-get upgrade.

setelah melalui proses download yg cukup melelahkan dilanjutkan proses instalasi yg juga relatif lama (pengalamanku sekitar sejam), maka proses akan selesai dengan kondisi error. Jujur saya pribadi kurang paham kenapa bisa error. Saya sempat berpikir mungkin error karena ada file yg kurang saat download mengingat koneksi internet Indo yg rada lemot. saya ulangi lagi perintah update&upgrade di atas namun tetap error. Dalam kondisi 1/2 sadar (maklum jam 1 pagi) saya putuskan untuk mencoba direstart saja, siapa tahu ada beberapa bagian kernel atau apalah yg nyangkut karena masih terpakai. Yang bikin shock, setelah direstart, sesudah layar GRUB, blank black screen. 😦 esmosi, pingin banting laptop; untungnya sadar saya gk ada duit buat beli laptop baru jadi batal banting; lol. Karena sudah jam 2++ pagi, saya putuskan istirahat dulu.

Setelah tidur nyenyak, dalam kondisi otak yg fresh, saya dapat ide untuk melakukan proses seperti yg pernah saya lakukan dahulu saat memperbaiki GRUB yg crash (cara detailnya bisa dibaca pada blog ini pada judul yg lain).
Jadi, segera saja saya cari dvd live-linux. Ketemunya dvd: live-linux Ubuntu 14.04 (Trusty) . Yo wes rapopo. segera saya masukkan dan booting. Di dalam Ubuntu, saya segera melakukan:

sudo umount -a
sudo mount /dev/sda8 /mnt           (sda8 = posisi OS Debian pada hdd saya)sudo mount –bind /dev /mnt/dev
sudo mount –bind /sys/ /mnt/sys/
sudo mount –bind /proc/ /mnt/proc/
sudo chroot /mnt/
apt-get update && apt-get upgrade

Selesai melakukan semua di atas, saya masih mendapati sedikit sisa error. Jadi saya gunakan saja: apt-get autoremove && apt-get autoclean. Kemudian restart, booting kembali dengan hdd (bukan dvd).

Sukses! Berhasil masuk ke desktop. Tapi ntah kenapa saya merasa ada yg janggal. Maka saya coba jalankan beberapa prog yg sudah terinstall. Ternyata banyak yg gak jalan. 😦 Saya buka Pidgin (untungnya jalan) dan tanya-tanya ke para senior di IRC #Debian, gak ada yg bisa bantu. Akhirnya saya keingat bahwa masih ada sedikit error saat proses upgrade dan perkiraan saya yg error itu adalah GNOME-nya.
NB: saya instalasi awal Wheezy-nya pake paket live-dvd Debian with GNOME.

Maka refleks saja saya lakukan

apt-get purge gnome* && apt-get install kde-standard kde-plasma-desktop

Yup, perintah itu sangat kejam karena akan me-remove ratusan MB file-file yg berhubungan dengan gnome tanpa pandang bulu, padahal ada kemungkinan beberapa file masih akan dipakai nantinya. Tapi saya lebih memilih membersihkan semuanya dulu daripada banyak sampah di sistem baru saya. Dan setelah semua sukses terinstall, saya reboot, semua berjalan dengan normal. *happy ending* 😀

tambahan.. barusan saya coba ternyata virtualbox saya bermasalah, setelah diutek-utek sejam lebih akhirnya sadar kalo ternyata file header dari kernelnya tidak terinstal 😦 so, jgn lupa lakukan:

apt-get install linux-headers-$(uname -r)

NB:
– mungkin jika ada yg ingin mencoba, bisa dilakukan install ulang GNOME-nya. Tapi buat saya pribadi saya cukup menikmati KDE ini.
– semua perintah di atas lakukan dengan kondisi root
– kalo ada cara yg lebih praktis terhadap langkah-langkah di atas atau ada lagi error yg (mungkin) belum saya sadari, silahkan tulis di komentar yah.. thanks.. 😀

2 pemikiran pada “Upgrade (Debian) Wheezy (7.8) to Jessie (8.x testing)

    • halo bro.. maaf lama banget gw gak buka blog.. hehehe..
      maksudnya cara yg baru itu gimana yah?

      btw, just info: kemarin terjadi hal yg konyol, tanpa sadar saya menghapus file system-nya Debian >.< akibatnya install ulang semua.. selesai dalam kira2 2jam.. laptop kembali ke kondisi awal (termasuk semua settingan). Dan kabar baiknya (atau buruknya), untuk kali ini saya meng-install dengan menggunakan live DVD Debian 8.0 KDE. Overall, saya rasa hasilnya lebih baik daripada pakai ver 7 lalu diupgrade.

      Beberapa hal yg saya temui saat instalasi langsung dengan DVD Debian 8.0 (dan agak beda dari upgrade ver 7):
      1. saat pertama booting dengan DVD Live, installer-nya langsung 'protes' mengenai tidak adanya driver Broadcom pada live dvd tersebut. Sehingga saya tekan 'no' agar proses bootingnya terus lanjut.
      2. karena Wireless Device saya (Broadcom) tidak jalan, maka saya langsung colok pakai kabel LAN (untungnya uda detected tuh port LAN)
      3. Tidak lupa saya install ulang driver Broadcom-nya supaya wifi berjalan normal kembali. (link tutor Broadcom: https://wiki.debian.org/bcm43xx)
      4. selesai proses instalasi yg relatif cepat (sekitar 20menit), booting awal dari HDD, langsung saya SHOCKED, karena tampilannya HANCUUURRRR…. font nya pecah2, image juga kayak monitor rusak; saya langsung sadar kalau driver VGA nya gak beres. Jadi saya segera akses terminalnya & install driver VGA (NB: VGA laptop saya pakai ATI Radeon)
      (link tutor ATI: https://wiki.debian.org/AtiHowTo)
      Demikian info tambahan yg bisa saya berikan. semoga berguna.. ^^

Tinggalkan Balasan

