Hacker???

Saya bukanlah seorang master hacker, walaupun sedikit-sedikit saya ngerti ilmu hacking. Saya juga tidak layak disebut hacker, karena sampai saat ini yg bisa saya lakukan paling-paling hanya mengikuti tutorial cara hacking dan memakai tools-tools yang dikasih tau ‘mbah’ google. Saya bahkan bukan seorang programmer profesional karena saya sudah agak-agak lupa sebagian besar bahasa pemrograman selain yg dipakai di kantor saya sehari-hari. Saya hanyalah lulusan (dengan IPK pas-pasan) salah satu perguruan tinggi di bidang informatika/pemrograman.

Saya menuliskan artikel ini semata karena saya trenyuh/terharu dengan kondisi sebagian pemuda-pemudi di negeri ini yg berpandangan hacker itu begitu hebat. Mengagumi atau bahkan memujanya. Bercita-cita suatu saat menjadi salah satunya. Dan bahkan tidak sedikit yg berlari kesana kemari/surfing sana sini/keluar masuk forum-forum sekadar untuk menambah kemampuannya/berburu gelar master hacker. Jika Anda termasuk salah satunya, yah.. artikel ini saya persembahkan untuk Anda juga.

Sebelum saya ngoceh terlalu jauh, pertama-tama saya minta maaf dulu jika ada pihak-pihak yg mungkin tersinggung dengan artikel ini. Sungguh saya tidak punya maksud untuk menyudutkan siapa pun, baik itu orang awam, para profesional IT, maupun para hacker dan cracker. Tujuan dari artikel ini sederhana yakni memberikan gambaran yg simple mengenai dunia hacking kepada orang awam dan tutorial singkat untuk newbie. Jika ada saran dan kritik, mohon menuliskannya pada bagian komentar, saya akan merasa sangat bersyukur dan berterima kasih.

Sebuah pertanyaan simple dari saya untuk Anda renungkan baik-baik sebelum belajar mengenai dunia hacking atau bercita-cita menjadi hacker adalah:

menurut Anda, mana yg lebih menarik, menjadi seorang yang cakap menggunakan pisaunya untuk menusuk orang bahkan membunuh seseorang dengan sangat cepat dan efisien ataukah menjadi seorang yg cakap menggunakan pisaunya untuk menolong orang yg sedang sekarat karena kanker / tumor / tertusuk sesuatu?

Apapun jawaban Anda, silahkan itu Anda simpan dalam hati. Tak perlu menertawakan orang lain karena jawabannya berbeda ataupun bersedih karenanya. Setiap orang memiliki alasannya sendiri-sendiri dibalik setiap pola pikir dan sikapnya. Satu komentar saya mengenai hal ini: setiap tindakan kita, entah baik ataupun buruk, akan ada konsekuensi setelahnya, karena itu pastikan bahwa kita takkan menyesalinya kemudian. J

Seperti pertanyaan saya di atas, dunia hacking itu sebenarnya adalah dunia yg tidaklah jelas hitam-putih nya. Sebagian besar orang beranggapan bahwa para hacker itu jahat. Namun kemudian muncul apa yg disebut sebagai para hacker ‘white hat’ yg bertindak memerangi kejahatan hacker lainnya. Di sisi lain kemudian muncul pula julukan ‘cracker’ untuk menyebut para hacker yg melakukan cyber crime. Yg menarik untuk diperhatikan di sini adalah dasar ilmu yg digunakan, baik oleh para ‘cracker’ maupun ‘white hat hacker’, itu sama. Mereka sama-sama mempelajari pemrograman. Sama-sama belajar tentang jaringan, hardware, website, OS, dsb. Bedanya adalah mereka menggunakan ilmunya untuk apa. (setelah ini pada tulisan saya selanjutnya saya hanya akan menggunakan istilah ‘hacker’, untuk mempersingkat pembahasan)

Setelah memahami kalimat-kalimat di atas, tentunya sekarang akan muncul pertanyaan: apakah semua programmer/orang-orang yg belajar IT itu adalah hacker? Bagi saya, seorang hacker bukanlah seorang programer atau orang IT biasa, mereka adalah orang-orang yg kreatif yg berpikir dan bertindak di luar kebiasaan orang pada umumnya. Mungkin Anda punya pendapat yg lain di sini…

Saya suka mengibaratkan seorang hacker itu seperti seorang tukang kunci. Anda semua tentunya tau tukang kunci kan ya? Jujur, saya sangat terkagum-kagum pada tukang kunci, terperangah dengan kemampuannya untuk membuka benda yg terkunci dengan peralatan yg sederhana seperti kawat. Saya pernah sih iseng-iseng mencobanya, membuka pintu yg terkunci (sengaja saya kunci) dengan kawat, dan hasilnya kawatnya putus. Mengapa si tukang kunci bisa dan saya tidak? Sederhana, karena saya tidak tahu caranya. Si tukang kunci (entah sudah berapa lama) bergaul akrab dengan yg namanya kunci. Dia pelajari setiap bentuk kunci, metode-metode penguncian, cara membuka/kelemahan dari masing-masing metode, dsb. Begitu pula dengan seorang hacker, mereka bergaul akrab dengan komputer dan segala pernak-perniknya. Mereka bukan hanya belajar menjalankan program seperti pada orang umumnya, mereka belajar cara membuatnya, bahkan mereka mengenali kelemahan-kelemahan dari masing-masing program. Dan untuk mencapai tahapan-tahapan ini tentunya butuh waktu, butuh proses, bukan instan.

Dari cerita di atas, tentunya sedikit banyak sudah mulai ada gambaran kan mengenai hacker, dunianya, dan ‘how to’? Berikut adalah garis besar materi yg mestinya sedikit banyak dipahami oleh seorang hacker sekalipun tidak mendetail:

–          Hardware komputer dan accessories-nya

–          Operating System (OS)

–          Internet & networking

–          Software development

Dari 3 materi dasar di atas, nantinya akan bisa dikembangkan menjadi banyak sekali (ribuan atau jutaan) topik-topik , seperti:

–          Apa sih bedanya LINUX dan WINDOWS?

–          Apa itu firewall?

–          Apa sih kelemahan router?

–          Apa itu TCP/IP dan apa kelemahannya?

–          Apa itu bug dan bagaimana cara memanfaatkannya?

–          …..  (isi sendiri dengan topik favorit Anda :D)

Saya rasa artikel kali ini cukup sampai di sini, semoga dengan ini kita semua bisa lebih memahami dunia hacking. Terakhir, saran saya untuk teman-teman semua yg ingin belajar lebih lanjut mengenai hacking:

–          Belajarlah bahasa inggris dulu 😀

–          Aktiflah bertanya pada ‘mbah’ google terlebih dalam bahasa inggris

–          Kembangkan terus ide-ide kreatif Anda

Satu pemikiran pada “Hacker???

Tinggalkan Balasan

