Aku pembunuh?

Sebagian besar dari kita tentunya tidak bahkan takkan pernah membunuh orang. Bukan hanya dosa, tapi juga itu melanggar hukum. Namun seringkali tanpa sadar, dalam kehidupan sehari-hari kita melakukan pembunuhan terhadap orang-orang di sekitar kita.
Pembunuhan tidak selalu berbicara tentang membuat seseorang mati secara fisik, tapi bisa juga membuat seseorang mati dalam hal-hal yg lain. Berikut adalah beberapa jenis pembunuhan yg seringkali kita lakukan tanpa sadar:
1. Pembunuhan karakter
Pembunuhan ini menyebabkan rusaknya gambaran/image orang banyak akan seseorang. Seringkali manusia mengenal orang lain dari apa kata orang dan dengan tersebarnya berita yg buruk mengenai seseorang tanpa sadar masyarakat akan membenci orang yg ‘dicap’ jelek itu walaupun belum terbukti kejelekannya. Cara yg paling umum dalam melakukan pembunuhan ini adalah dengan gosip dan fitnah.
2. Pembunuhan kemampuan
Pembunuhan jenis ini menyebabkan ‘matinya’ kemampuan/skill seseorang. Terlalu sering menolong seseorang seringkali tanpa sadar menyebabkan terjadinya pembunuhan ini. Untuk memahami lebih lanjut mengenai hal ini dapat dibaca pada artikel berjudul ‘Kupu-kupu yg prematur’.
3. Pembunuhan mental
Ini adalah jenis pembunuhan yg seringkali terjadi dan paling mudah terjadi. Gawatnya bahkan mereka yg dibunuh pun seringkali tak sadar. Pembunuhan jenis ini melumpuhkan secara langsung ataupun tak langsung mental/semangat seseorang. Bentuk yg paling umum adalah dengan kata-kata yg bernada negatif. Misal: seorang ayah memarahi anaknya yg mendapat nilai jelek dengan “dasar kamu bodoh!” atau “haduh, kamu itu bisa apa sih”. Tanpa sadar si ayah menanamkan ke otak bawah sadar si anak bahwa dirinya bodoh atau tidak bisa apa-apa. Akibat jangka panjangnya si anak akan selalu minder, merasa dirinya bodoh atau tidak bisa apa-apa.
Yuk,mari kita masing-masing merenung sejenak. Bagaimana dalam kehidupan kita sehari-hari? Apakah seringkali kita menjadi ‘pembunuh-pembunuh’ yg perlahan membunuh orang-orang di dekat kita? Ataukah sebaliknya kita menjadi orang-orang yg membangkitkan orang lain dari ‘kematian’ karakter, kemampuan dan mentalnya?
Jika kita ingin menjadi seorang yg ‘membangkitkan’ orang lain, mudah saja, asal kita mau belajar membalikkan keadaan-keadaan di atas. Menceritakan hal-hal yg baik dari seseorang. Memperhatikan&menolong orang sesuai porsinya. Berkata-kata yg positif, bahkan ketika sedang dalam kondisi marah.
Mari kita jadikan dunia ini lebih indah dengan ‘membangkitkan’ mereka yg ‘mati’ 🙂

Iklan

2 pemikiran pada “Aku pembunuh?

  1. wahh sip” ko.,.,.emang buayak bnget sihh orang ddunia ini yang tanpa sadar mlakukan pmbunuha sprti ini.,.,.,marii kita mnyadarkan mrka rame” hahahhaaaaa n mbangkitnya yg mati.,.,spt diatas
    hahahahaa
    wukey”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s