Aku siap hidup untukmu

Seringkali kita menonton film-film yg menampilkan adegan romantisme dimana seorang pria berkata pada seorang wanita ‘aku bersedia mati untukmu’. Kemudian dengan heroik pria tersebut melakukan adegan berbahaya demi sang wanita. Dan pada sebagian besar film yg berakhir ‘happy ending’, sang pria selamat dan hidup berbahagia bersama wanita yg dikasihinya.
Memang menakjubkan sekali kalau dalam hidup ini kita bisa melakukan hal seperti itu; berjuang dan siap mengorbankan nyawa untuk orang yg dikasihi. Tapi masalahnya adalah hal/adegan seperti itu sangat langka/jaraaaanngg sekali terjadi. Coba renungkan, kapan terakhir kali kita dapat kesempatan untuk jadi ‘superhero’ seperti itu.
Sejujurnya, kalo kita benar-benar serius merenungkan kehidupan kita sehari-hari dan benar-benar ingin menjadi ‘superhero’ bagi orang yg kita kasihi, ada banyak sekali kesempatan bagi kita. Memang sih kesempatan yg muncul tidak terlihat keren seperti di film-film dimana harus menghadapi penjahat, menyelamatkan dari reruntuhan, dsb. Mungkin bentuknya adalah ibu yg membutuhkan bantuan di dapur, adik yg minta diajari pelajaran matematika, dsb.
Pahlawan atau superhero seringkali diidentikkan dengan orang yg menghadapi bahaya bahkan memberikan nyawanya untuk orang lain. Tapi bagaimana dengan mereka yg melakukan hal sederhana namun berpengaruh dalam hidup kita? Orang tua yg sudah mengasuh, mendidik, membesarkan kita selama bertahun-tahun. Guru yg dengan telaten mengajari kita walaupun gajinya tak seberapa (bahkan seringkali harus cari tambahan income). Bukankah mereka juga para pahlawan?
Sebenarnya itulah makna pahlawan yg sesungguhnya. Rela hidup (baca: mendedikasikan hidup) untuk orang lain (baca: mereka yg dikasihinya). Karena selama seseorang masih hidup, dia masih dapat melakukan banyak hal yg bukan hanya menolong tapi juga menginspirasi kehidupan orang lain.

Iklan

3 pemikiran pada “Aku siap hidup untukmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s